Inilah bacaan rawi (Maulid) yang disusun oleh Sayid Syeikh Ja’far Al Barzanji
yang diterjemah ke dalam Bahasa Melayu oleh almarhum Sayid Syeikh Thaha bin
Fadhlullah As Suhaimi, Ketua Mufti Negara Singapura. Sayang .. yg
ada di sini hanyalah sebahagian kecil saja. Masih panjang lagi sebenarnya.
Digubah oleh seorang ulama, iaitu mufti asy syafiiyah di kota Madinah di zamannya.
Maulid ini sangat menyentuh hati. Tapi ada yang mendakwanya salah dan ada yang kata sesat. Saya paparkan di sini untuk tatapan semua. Terpulang kepada tuan-tuan untuk menilai dan memahaminya. Pada saya ini adalah satu karya riwayat hidup Nabi SAW yang dilakarkan dalam bentuk sastera. Tidak dinafikan ada antara kandungannya yang agak janggal dan sukar diterima akal.
SELAMAT MEMBACA
Tulisan ini saya perolehi dari :http://orgawam.wordpress.com/ yang diambil dari http://www.mail-archive.com/ dan http://www.mail-archive.com/
DENGAN NAMA ALLAH YANG MAHA PEMURAH LAGI MAHA PENYAYANG
Aku mulakan riwayat Maulid ini dengan nama Allah yang Maha Tinggi
derajatNya, dengan hal keadaanku mengharapkan limpah berkat pada segala
apa yang dikurniakan kepada ku olehNya, dan juga aku mengucapkan sepenuh
penuh kepujian dengan segala senang hatiku kepadaNya, ialah karena aku
syukurkepadaNya dengan syukur yang seelok-eloknya.
Dan lagi aku memohon kepadaNya muga-muga la mengurniakankesejahteraan
dan rahmatNya, kepada Nur yang la telah jadikan terdahuludaripada
segala makhluk yang lainnya, yaitulah Nur yang telah
berpindah-pindahdaripada satu dahi kepada satu dahi yang mulia
keadaannya, yaitulah dahimoyang-moyang Nabi kita Muhammad Sall-Allahu
alaihi-wa-sallam sehingga kepada dahi Abdullah ayahandanya.
Dan aku memohon lagi kepada Allah muga-muga Ia mengurniakan
keredhaanNya, kepada keluarga Nabi kita itu khasnya, dan kepada
sahabat-sahabatnya dan sekalian orang-orang Islam amnya.
Dan pula aku memohon kepada Allah yang maha sempurna zatNya dan
segala sifat-sifatNya, muga-muga la mengurniakan kepada kita sekalian
petunjuk kepada jslan yang terang lagi nyata benarnya. Dan lagi aku
memohon kepadaNya muga-muga la memelihara kita daripada kesesatan pada
langkah-langkah kita ke semuanya.
Setelah apa yang tersebut itu maka sekarang aku bentangkan kisah
sejarah hidup Nabi kita Muhammad s.a.w. dengan ringkasnya, dan aku
susunnya dengan menyatakan mula-mula sekali nasab keturunannya yang
menyenangkan siapa yang mendengarnya, dan aku meminta tolong kepada
Allah Ta’ala yang Maha Kuasa dan Maha Kuat sifatNya karena bahwasanya
tiada daya dan tiada upaya melainkan semata-mata pada Allah jua
letaknya.
YA ALLAH, HARUMKANLAH KUBURNYA YANG MULIA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
Aku nyatakan bahwa Nur yang tersebut tadi itu akhirnya telah
menjadilah Penghulu kita Saiyidina Muhammad muga-muga Allah kurniakan
kesejahteraan kepadanya. Saiyidina Muhammad itu ialah anak Abdullah, dan
Abdullah itu anak Abdul Muttalib maka Abdul Muttalib itu juga
digelarkan oleh orang sebagai Syaibatul Hamd namanya. Dan Abdul Muttalib
itu anak Hasyim yang digelarkan Amr anak Abdi Manaf yang juga dinamakan
AI mughirah anak Qusai dan Qusai ini Mujamma’ gelarannya. Perkataan
Qusai ini asal maknanya ialah Kejauhan karena ia tinggal di Mekah pada
mula-mulanya. Tetapi ketika kecilnya lagi ia telah dibawa pindah oleh
ibunya ke negeri Qudhaa’ah yang jauh letaknya. Tetapi akhirnya ia telah
dikembalikan oleh Allah ke negeri Mekah yang dimuliakan tanahnya. Lalu
ia pun telah menjaga negeri Mekah itu dengan seteguh-teguhnya.
Maka Qusai itu ialah anak Kilab yang juga dinamakan Hakim anak Murrah
anak Ka’ab anak Lu-ai anak Ghalib anak Fihir yang juga disebutkan
Quraish namanya. Dan nama Quraish inilah dipakai bagi kaum Quraish itu
yang mengandungi anak cucunya. Tetapi sebelum kaum itu dinamakan Quraish
maka Kinanilah namanya, sebagaimana yang telah dikatakan oleh banyak
pakar- pakar nasab yang luas pengetahuannya. Dan mereka itu telah tetap
berkepercayaan dan berpuas hati bahwa begitulah keadaannya. Dan Fihir
atau Quraisy itu pula anak Malik yang ialah pula anak Nadhar anak
Kinaanah anak Khuzaimah anak Mudrikah anak Ilyas seterusnya.
Dan Ilyas inilah orang yang mula-mula sekali menghadiahkan unta-unta
kepada Tanah Haram Mekah untuk ia membuat kurban akannya. Dan telah
didengar oleh orang dari dalam tulang sulbi Ilyas itu akan suara Nabi
kita Muhammad s.a.w. menyebut-nyebut dan memuji-muji Allah Ta’ala dan
mengucap talbiah kepadaNya. Ilyas itu pula anak Nizar anak Ma’ad anak
Adnan dan begitulah nasab itu susunannya.
Maka susunan keturunan atau nasab Rasulullah s.a.w. ini mengikut
sebagaimana yang dinyatakan oleh Hadith Nabi kita s.a.w. yang benar
keadaannya. Dan Adnan itu nasabnya bersambung hingga kepada seorang
kekasih Allah yaitulah Nabi Ibrahim moga-moga Allah cucurkan rahmat
keatasnya. Tetapi Nabi kita telah melarang dan menahan supaya jangan
disebutkan satu persatu nama ninda-nindanya yang daripada Adnan hingga
kepada Nabi Ibrahim moyangnya. Tetapi tidak syak lagi di sisi ahli-ahli
yang mahir berkenaan keturunan Nabi kita itu atau nasabnya, bahwa Adnan
itu ialah keturunan dari Nabi Ismail moga-moga Allah kurniakan
kesejahteraan kepadanya.
Dan Nabi Ismail itu pula ialah seorang putera Nabi Ibrahim yang
terkenal kelebihannya. Maka sungguh cemerlang keturunan itu seolah-olah
bagaikan seutas rantai yang ditatah oleh permata-permata yang gemerlapan
seperti bintang-bintang indahnya. Betapa tidak karena bukankah Penghulu
kita saw. itu menjadi permata yang terpilih yang berada
ditengah-tengahnya, dan walaupun dia asalnya seorang yatim tetapi Allah
Ta’ala telah memeliharanya. Alangkah mulia keturunan yang tersebut itu
yang kesemuanya telah dipelihara oleh Allah dari kejahatan zina di masa
jahiliah dahulunya.
Adapun keterangan ini ada diriwayatkan oleh Syeikh Zainuddin seorang
Iraq bangsanya, didalam sebuah karangan yang lezat ceteranya.
Maka untuk memuliakan Nabi kita s.a.w. dan memeliharanya itulah
sebabnya Allah Ta’ala telah memelihara seluruh nenek moyangnya, dari
melakukan maksiat zina yang sangat keji adanya. Maka oleh karena itu
tidaklah kekejian zina itu mengenai nasabnya. Kesemua datuk nenek Nabi
saw. dari Nabi Adam hingga kepada ayahandanya Abdullah dan bundanya
Aminah tidak pernah melakukan zina sekaliannya.
Maka cahaya kenabian Nabi kita itu telah berpindah-pindah pada
tiap-tiap dahi nenek moyangnya itu dengan nyatanya. Dan semakin ternyata
cahaya itu seumpama bulan purnama pada dahi Abdul Muttalib datuknya dan
pada dahi Abdullah bapaknya
YA ALLAH, HARUMKANLAH KUBURNYA YANG MULIA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
Dan apakala Allah Ta’ala berkehendak menjadikan Nur yang tersebut itu
sebagai RasuINya, yang dinamakan Muhammad dengan mempunyai roh dan
jasad serta sifat-sifatnya, maka Allah Ta’ala pun memindahkan cahaya itu
dari Saiyidina Abdullah ayahandanya, kepada rahim Sitti Aminah
Az-zuhriah bundanya. Dan Allah Ta’ala yang senantiasa dekat pada mereka
yang taat kepadaNya, dan yang memperkenalkan doa mereka yang berdoa
dengan bersungguh-sungguh kepadaNya, telah menentukan bahwa Sitti Aminah
itulah yang menjadi ibu bagi Nabi PilihanNya, serta sekalian Malaikat
telah berseru-sera mernberitahu kepada segala petala langit dan bumi
dengan lantangnya, berkenaan mengandungnya Sitti Aminah akan Nur Nabi
Allah itu dan Pesuruh-Nya.
Dan mereka yang telah mengetahui akan kedatangan Nabi saw., itu serta
menunggu-nunggunya, telah merasa sangat sukacita dan bertambah tambah
rindu terhadap kezahirannya, seolah-olah perasaan mereka seperti ketika
angin sepoi-sepoi bahasa bertiup pada waktu subuh dengan lembutnya, yang
menjadikan mereka rindu kepada matahari yang akan terbit kemudiannya.
Dan jadilah subur segala tumbuh tumbuhan di Tanah Mekah setelah beberapa
lama keringnya, laksana bumi dipakai dengan pakaian yang hijau yaitu
Sundus namanya. Dan pada masa itu juga buah-buahan telah mulai menjadi
ranum rasanya, dan telah hampirlah masa tuan-tuan empunya pohon
buah-buahan itu memetiknya.
Dan pula berkenaan mengandungnya Siti Aminah itu maka segala
singgasana raja-raja kafir pada ketika itu telah runtuhlah dengan
sekonyong-konyongnya, dan pula segala berhala-berhala telah tersungkur
ke atas mukanya dan mulutnya, dan segala binatang-binatang jinak dan
liar baik di darat atau di taut telah berasa amat sukacitanya, ialah
dengan sebab segala binatang-binatang itu telah menerima berita
berkenaan Junjungan kita s.a.w. itu sudah dikandung oleh Sitti Aminah
yang bertuah nasibnya. Bahkan lain-lain makhluk juga pada masa itu telah
merasai lezat kesukaan dengan amat gembiranya, umpama dapat minum
segelas air yang sangat menyegarkan rasanya.
Dan pula segala jin-jin telah diberitahu akan kabar yang menyenangkan
itu dengan jelasnya, tetapi pula sekalian tukang tukang tilik dan
ahli-ahli sihir telah berasa lemah dengan gemetarnya, dan demikian juga
ulama’-ulama’ Nasrani telah takut dan bimbang ialah dengan sebab telah
dekat masa kedatangannya.
Dan telah sibuklah sekalian orang-orang yang mengetahui hal itu
bercakap-cakap dan bertanya-tanya berkenaannya, dan mereka itu telah
tercengang dan heran mendengarkan berita-berita tentang keelokan
sifat-sifatnya, sebagaimana yang ada seperti di dalam Kitab kitab Suci
yang dahulu seperti Taurat dan Injil dan sebagainya.
Dan ketika Sitti Aminah yang mengandung itu sedang tidur tiba tiba
datanglah suatu wujud kepadanya; lalu wujud itu berkata: “Hai Aminah
sesungguhnya engkau telah mengandung Penghulu sekalian manusia dan
sebaik-baik makhluk adanya. Dan apabila engkau sudah melahirkan dia
nanti dengan selamat, maka engkau namakanlah dia Muhammad yang berarti
seorang yang terpuji ialah karena ia akan dipuji kesudahannya.”
YA ALLAH, HARUMKANLAH KUBURNYA YANG MULIA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
Dan apabila Nabi kita telah dikandung dua bulan oleh ibunya menurut
pernyataan ahli-ahli sejarah yang masyhur riwayatnya, maka wafatlah di
negeri Madinah, Sayidina Abdullah, ayahandanya. Dan keadaan wafatnya di
sana: ia sedang melalui kota itu lalu ia singgah di tempat ninda-ninda
saudaranya, yaitu keluarga Bani ‘Adi dari suku Najjar, tiba-tiba ia
mendapat sakit di sana sebulan lamanya, lalu mereka pun telah merawatnya
serta mencoba mengobati penyakitnya, tetapi usaha mereka tiada berhasil
seperti yang mereka harapkan, lalu wafatlah Sayidina Abdullah di sana
karena sudah sampai ajalnya, lalu di sana juga mereka mengebumikannya.
Dan ketika Sitti Aminah telah sempurna mengandung Nabi saw. sembilan
bulan lamanya, menurut perkataan ahli-ahli Tarikh yang kuat
keterangannya, pada ketika itu juga telah mulai tiba musim akhir
kemarau, tiba-tiba datanglah kepada ibu Nabi saw. pada malam menjelang
kelahirannya, Sitti Asiah dan Sitti Mariam serta beberapa bidadari dari
Surga, maka mulailah Sitti Aminah merasa sakit untuk bersalin kemudian
ia pun melahirkan Junjungan kita di dalam keadaan dengan cahanya yang
gilang-gemilang.
(BERDIRI)
Cahaya yang seperti matahari bersihnya
Menerangi malam dengan amat terangnya:
Malam yang dilahirkan Nabi kita didalamnya
Yang membawa agama yang nyata benarnya.
Maka karena itu dapatlah Sitti Aminah ibunya
kemegahan yang wanita lain tidak mendapatinya:
la membawa seorang putera untuk manusia sekalian:
Putera yang lebih mulia dari anak Mariam yang dara.
Kelahiran Nabi kita pada pandangan kafir umumnya
ialah suatu kedukaan yang terasa sangat berat.
Maka bertalu-talulah suara bersorak dengan riuhnya:
Menerangi malam dengan amat terangnya:
Malam yang dilahirkan Nabi kita didalamnya
Yang membawa agama yang nyata benarnya.
Maka karena itu dapatlah Sitti Aminah ibunya
kemegahan yang wanita lain tidak mendapatinya:
la membawa seorang putera untuk manusia sekalian:
Putera yang lebih mulia dari anak Mariam yang dara.
Kelahiran Nabi kita pada pandangan kafir umumnya
ialah suatu kedukaan yang terasa sangat berat.
Maka bertalu-talulah suara bersorak dengan riuhnya:
“Telah zahir Nabi pilihan; inilah kegembiraan yang sebenarnya.”
Demikianlah keadaan dilahirkan Nabi kita itu dengan ringkas, dan
telah disetujui oleh ulama’-ulama’ dan ketua-ketua Islam sekalian, bahwa
sangat patut kita berdiri ketika kita sampai di sini membacanya, ialah
untuk menunjukkan kesukaan kita kepada kelahiran Nabi dan cinta kepada
dirinya, dan juga untuk menandakan bahwa kita memuliakannya. Maka
sungguh bertuahlah siapa yang suka memuliakan Nabi s.a.w. itu sebagai
tujuan hidupnya.
YA ALLAH, HARUMKANLAH KUBURNYA YANG MULIA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
Maka lahirlah Nabi kita Muhammad saw. itu dari bundanya dengan
meletakkan ke atas bumi dua belah tangannya, dan ia mendongakkan mukanya
kelangit serta terbuka matanya, keadaan begitu adalah sebagai
menandakan kemuliaannya dan ketinggiannya, serta kelebihan kelebihannya
yang melebihi makhluk lain semuanya. Dan juga yang demikian itu adalah
menunjukkan bahwa ia kekasih Allah yang dijadikan sangat indah
perangainya dan bentuk rupanya.
Dan setelah dilahirkan Nabi s.a.w. itu maka segeralah Siti Aminah
ibunya memanggil Abdul Muthallib nindanya, dan ketika itu Abdul
Muthallib ada di Ka’abah sedang tawaf mengelilinginya, lalu apabila
mendengar yang demikian itu besarlah kegembiraannya. la pun datang
melihat Nabi dengan segera, dan kemudian ia membawa Nabi ke Ka’abah lalu
masuk ke dalamnya, dan ia berdiri di situ serta berdoa kepada Allah
dengan niat bersihnya, dan ia bersyukur kepada Allah karena telah
dikurniakan seorang cucunda kepadanya.
Nabi kita Muhammad s.a.w. itu dilahirkan dengan sangat bersih
keadaannya, serta ia telah berkhitan dan telah terpotong pusatnya dari
dalam perut ibunya. Dan harum bau tubuhnya, serta berminyak rambutnya,
serta tercelak kedua matanya, adalah dengan kudrat dan kehendak
Tuhannya. Inilah riwayat yang masyhur walaupun ada sebagian ularna’ yang
lain mengatakan bahwa Nabi kita itu telah dikhitan oleh Abdul Muttalib
nindanya setelah Nabi sempurna tujuh malam umurnya. Dan nindanya itu
telah mengadakan majelis jamuan karena bersesuaian dengannya, serta ia
menamakan dia Muhammad dan memuliakan kedudukannya.
YA ALLAH, HARUMKANLAH KUBURNYA YANG MULIA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
Maka telah terjadilah beberapa kejadian yang mengherankan ketika
dilahirkan, dan yang demikian itu ialah sebagai tanda-tanda untuk
menguatkan iman kita bahwa Nabi itu dipilih oleh Allah untuk dijadikan
NabiNya dan Rasul-Nya.
Satu dari perkara-perkara yang luar biasa itu sebagaimana yang
tersebut tadinya, ialah ketika dilahirkan Nabi kita maka
malaikat-malaikat yang menjaga langit telah ditambah bilangannya, supaya
langit itu menjadi lebih kukuh pemeliharaannya, dan telah dihalau dari
langit segala jin-jin yang ingkar dan syaitan-syaitan yang jahat
kelakuannya, dan telah dilemparkan kepada semua syaitan-syaitan yang
hendak naik ke langit itu api yang membakar, dan telah turun kepada Nabi
kita beberapa bintang-bintang yang terang cahayanya, dan dengan sebab
ini teranglah pada malam itu Kota Mekah baik tanah ratanya atau
bukit-bukitnya.
Dan juga telah keluar bersama-sama Nabi saw. suatu cahaya yang amat
terang keadaannya, yang menerangi seluruh tempat dilahirkan Junjungan
kita saw., sama seperti cahaya lampu-lampu yang menerangi mahligai raja
Romawi di Syam negerinya. Maka dilihat cahaya itu oleh mereka-mereka
yang tinggal di Tanah Mekah.
Dan juga telah roboh istana raja Parsi di dalam negeri Iraq di Kota
Madain tempatnya. Maka istana yang roboh itu telah dibangun oleh raja
Parsi yang bernama Anusyarwan dengan megah, maka runtuh empat belas
menara yang tinggi dari menara-menaranya, dan telah berguncang kerajaan
Parsi itu dengan sebab terperanjat pada kejadian-kejadian yang dengan
tiba-tiba menimpanya. Dan beberapa api yang disembah oleh orang-orang
kafir Parsi tiba-tiba padam pada malam itu, padahal api itu dijaga oleh
mereka dan tidak pernah padam dari semenjak seribu tahun sebelumnya.
Maka padamnya api itu ialah dengan sebab terbitnya cahaya wajah Nabi
s.a.w yang bersinar seperti terangnya bulan empat belas.
Dan juga pada ketika itu keringlah air telaga yang bernama Sa’awah
yang terletak di antara negeri Hamdan dan Qom di dalam negeri Parsi.
Maka telaga itu jadi kering karena telah kering semua mata-airnya,
tetapi sebaliknya telah melimpah pula air pada lembah yang bernama
Samawah padahal biasanya lembah itu kering kerontang dan banyak batunya,
serta tidak pernah sebelum itu dapat dijumpai air di situ walaupun
untuk menghilangkan dahaga siapapun yang kering kerongkongannya.
Dilahirkan Junjungan kita saw. itu di suatu tempat yang dikenali
dengan nama Al ‘Iraas di dalam negeri Mekah letaknya, dan Mekah itu
ialah negeri yang tidak boleh dipotong pohon pohonnya dan tidak boleh
dicabut rumput-rumputnya.
Maka telah sedikit berselisih pendapat ulama’ Sejarah berkenaan
dilahirkannya Junjungan kita saw. itu tentang tahunnya, dan juga tentang
bulannya dan harinya. Tetapi pendapat yang kuat diantara
pendapat-pendapat tadinya, ialah Junjungan kita saw. itu telah
dilahirkan pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal di dalam Tahun Gajah
namanya, karena pada tahun itu raja negeri Habsyah telah mencoba
menyerang kota Mekah dengan menggunakan gajah-gajah yang banyak
jumlahnya. Tetapi Allah Ta’ala telah menyekat dan menghalang mereka
untuk sampai ke Mekah karena la memeliharanya.
YA ALLAH, HARUMKANLAH KUBURNYA YANG MULIA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
DENGAN BAU-BAUAN YANG SEMERBAK DARI RAHMAT DAN SEJAHTERA
Bahwa Junjungan kita saw. itu disusui oleh ibunya selama beberapa
hari masanya, dan kemudian ia disusui oleh seorang perempuan yang
bernama Tsuwaibah dari kaum Aslam namanya. Tsuwaibah itu asalnya seorang
budak kepunyaan Abu Lahab tetapi Abu Lahab telah memerdekakannya,
ketika Tsuwaibah itu datang memberitahu akan kelahiran Junjungan kita
itu kepadanya. Maka Abu Lahab memerdekakan Tsuwaibah karena berita itu
sangat menggembirakan hatinya.
Maka Tsuwaibah juga menyusui bersama Rasulullah anak lelakinya
sendiri Masruh namanya, dan juga seorang anak lelaki orang lain yaitu
Abi Salamah gelarannya, serta Tsuwaibah itu sangat memuliakan Nabi dan
menghormatinya. Dan sebelum itu Tsuwaibah juga telah menyusui Sayidina
Hamzah seorang paman Nabi saw. yang dipuji karena jasanya karena ia
banyak menolong dan mempertahankan Agama Islam serta membelanya.
Dan kemudian nanti pada ketika Nabi saw. telah menjadi Rasul dan
telah hijrah ke Madinah, Nabi mengirim kepada Tsuwaibah itu dari Madinah
hadiah uang dan pakaian yang layak baginya. Maka selalu hadiah itu
datang dari Nabi saw. kepada Tsuwaibah hingga Tsuwaibah menemui ajalnya.
Ada sebagian orang mengatakan bahwa Tsuwaibah berpegang terus pada
agama kaumnya, yaitu agama jahiliah hingga matinya, tetapi ada pula
orang yang mengatakan bahwa ia telah memeluk Islam sebelum akhir
hayatnya, dan perselisihan ini disebutkan dan diceritakan oleh lbnu
Mandah yang terkenal namanya.
Bahwa setelah Nabi saw. disusui oleh Tsuwaibah yang telah disebut
tadi, maka ia telah disusui pula oleh seorang perempuan muda yang
digelari Halimah As sa’diah, dan Halimah sebelum Nabi saw. disusui
olehnya, ia telah mencoba mencari upah dengan susah payah, untuk hendak
menyusui siapa saja anak-anak orang Mekah, tetapi telah ditolak oleh
mereka dengan sebab kemiskinannya. Tetapi ketika ia menyusui Rasulullah
saw. maka ia menjadi lega dan berkat kehidupannya, pada hari itu juga
sebelum terbit matahari, setelah ia menderita kepicikan dan kesusahan
yang sulit ditanggung olehnya.
Maka Allah Ta’ala telah mengurniakan kepada Halimah itu air susu yang
banyak lagi putih dan bersih keadaannya. Maka menyusulah Nabi saw. akan
susu yang di sebelah kanannya, manakala seorang anak lain menyusu pula
akan susu yang di sebelah kirinya, lalu jadilah Halimah itu mewah dan
senang kehidupannya, padahal sebagaimana telah disebutkan tadi, keadaan
Halimah sebelum itu papa serta kurus dan lemah badannya. Bahkan menjadi
gemuk seekor unta dan beberapa ekor kambing yang dipelihara olehnya, dan
hilanglah dari sisi Halimah itu segala bala’ dan kecelakaan dan
sebagainya, bahkan sebaliknya kehidupan Halimah itu telah diliputi oleh
keadaan yang bertuah selanjutnya, yaitu murah rezeki serta senang dan
aman dengan sepenuhnya.
0 comments:
Post a Comment